Dihadiri Ma’ruf Amin, Presiden Jokowi Lantik Megawati dan Pengurus BPIP Periode 2022-2027

by
Presiden Jokowi melantik dan mengambil sumpah Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Dewan Pengarah BPIP Periode 2022-2027 bersama Pengurus BPIP lainnnya di Istana Negara Jakarta. (Foto : Setkab)

Sijori News, Jakarta — Dihadiri Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin, Presiden Jokowi melantik dan mengambil sumpah Prof. Dr. (H.C.) Hajjah Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) periode 2022-2027,.di Istana Negara, Jakarta, Selasa, 7 Juni 2022..

Selain Megawati, Presiden Jokowi juga melantik Wakil Ketua Dewan Pengarah BPIP, Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno, Sekretaris Dewan Pengarah BPIP, Mayor Jenderal TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya, dan anggota Dewan Pengarah BPIP terdiri dari Prof. Dr. K.H. Said Aqil Siradj, M.A, Dr. (H.C.) Sudhamek AWS, S.E., S.H, Pdt. Dr. Andreas Anangguru Yewangoe, Rikard Bangun, Ph.D, dan Prof. Dr. Muhammad Amin Abdullah.

Sementara itu, Yudian Wahyudi dan Karjono sebagai Kepala, dan Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) periode 2022-2027.

Pelantikan Dewan Pengarah, Kepala, dan Wakil Kepala BPIP dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 56/P Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dewan Pengarah, Kepala, dan Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila.

Sekretaris Dewan Pengarah BPIP, Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya, mengatakan, bahwa Dewan Pengarah BPIP yang baru dilantik akan melanjutkan tugas untuk membumikan Pancasila di seluruh Tanah Air baik melalui pendidikan formal maupun lembaga kenegaraan.

Ia juga mengajak seluruh masyarakat untuk saling berkolaborasi dalam membangun peradaban dunia.

“Kami dari BPIP tentu akan melanjutkan tugas yang dibebankan kepada kami untuk membumikan Pancasila di seluruh Tanah Air, Sabang Merauke, Miangas Pulau Rote lewat pendidikan dari PAUD, TK, SD, SMP, SMA sampai dengan perguruan tinggi, dan di seluruh lembaga-lembaga kenegaraan,” ujar Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya.

Sementara itu, Kepala BPIP, Yudian Wahyudi, menuturkan bahwa BPIP akan memanfaatkan teknologi digital untuk melanjutkan sosialisasi Pancasila.

Dengan langkah tersebut, Yudian berharap masyarakat, khususnya generasi milenial, mampu memahami dan mengamalkan Pancasila secara lebih mudah.

“Jadi akan menggunakan media digital, medsos, TikTok, musik, olahraga, kemudian budaya agar Pancasila ini terpahami, terhayati, dan teramalkan dengan mudah khususnya bagi generasi yang disebut dengan generasi milenial ke bawah, generasi yang baru itu,” kata Kepala BPIP.

Turut hadir dalam pelantikan tersebut Sekretaris Kabinet Pramono Anung. (BPMI Setpres)

No More Posts Available.

No more pages to load.