2 Pelaku Curanmor dan 1 Penadah Diringkus di Batam

oleh
Kapolresta Barelang, Kombes Pol Nugroho Tri Nuryanto, bersama para pelaku pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) yang berhasil diringkus Satreskrim Polresta Barelang. (Foto : Ist)

Sijori News, Batam — 2 (dua) orang pelaku tindak pidana pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) berinisial DK (21), dan AIS (21), serta penadah hasil Curanmor berinisial IBP (30), berhasil diringkus Opsnal Jantanras Satreskrim Polresta Barelang.

Kapolresta Barelang, Kombes Pol Nugroho Tri Nuryanto, didampingi oleh Kasat Reskrim Polresta Barelang, Kompol Abdul Rahman, Kasi Humas Polresta Barelang, AKP Tigor Sidabariba, dan Kanit PPA Polresta Barelang, IPTU Dwi Dea Anggraini, mengatakan, menurut pengakuan kedua pelaku, mereka sudah melakukan pencurian kendaraan bermotor sebanyak 6 (enam) kali di TKP yang berbeda.

“Pelaku yang diamankan berinisial DK (21) dan AIS (21), dan Pelaku Penadah berinisial IBP (30), dengan tempat kejadian pencurian di Mega Legenda, Kelurahan Baloi Permai, Kota Batam, pada Senin, tanggal 11 April 2022, sekira pukul 03.30 WIB,” kata Kombes Pol Nugroho Tri Nuryanto, di Lobby Mapolresta Barelang, kemarin.

BACA JUGA :   Kapolri Pastikan Polisi Akan Berikan Pelayanan Maksimal

Dikatakan Nugroho, adapun Modus Operansi Pelaku AIS dalam melakukan Pencurian sebagai Exsekutor atau yang mengambil Motor, dengan cara mematahkan Kunci setangnya terlebih dahulu, kemudian menendang setang Motor ke arah kanan.

Setelah setang terbuka, Motor tersebut didorong Pelaku dan Pelaku membawa kabur dengan teman Pelaku ke arah Nongsa, ke rumah Kosan pelaku. Sementara teman pelaku, DK berperan sebagai Joki dan yang mengendarai Motornya, agar Motor curian yang Pelaku bawa tersebut dapat didorong dengan kakinya.

“Dan hasil pencurian Motor tersebut, ada yang dipakai pelaku dan juga dijual pelaku kepada inisial IBP, yang sebelumnya tidak dikenal Pelaku, namun pernah ketemu di Batu Besar, dengan harga jual Rp 1.500.000. IBP juga mengetahui bahwa motor tersebut tidak memiliki surat yang lengkap,” ungkap Nugroho Tri Nuryanto.

Kronologis kejadian berawal pada saat korban insial YHH yang berada di rumah sedang memarkirkan sepeda motornya dan langsung tidur dengan stang terkunci.

BACA JUGA :   Seorang Pria Bersama 2 Wanita Dibekuk di Tanjung Pinang

Keesokan harinya, sekira pukul 07.30 WIB, korban melihat sepeda motornya sudah tidak ada lagi, kemudian korban mencari di seputaran lingkungan rumahnya, namun tidak ditemukan.

Menerima laporan korban pada hari Senin, tanggal 11 April 2022, pukul 03.30 WIB, di Mega Legenda, Kelurahan Baloi Permai, Kota Batam, kemudian Opsnal Jantanras Satreskrim Polresta Barelang melakukan penyelidikan lapangan, dan benar telah terjadi Tindak Pidana Curanmor.

Kemudian, pada hari Sabtu, 23 April 2022, sekira pukul 01.30 WIB. Opsnal Jantanras Satreskrim Polresta Barelang mendapat informasi dari masyarakat, bahwa pelaku DK berada disekitaran Kos-Kosan Happy Garden.

Sekira pukul 02.00 WIB, Pelaku DK berhasil diamankan. Kemudian dilakukan pengembangan lagi ke Batu Besar, tim opsnal juga berhasil mengamankan pelaku AIS. Selanjutnya, para pelaku dibawa ke Polresta Barelang untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

BACA JUGA :   Gunakan Sajam dan Lakukan Perlawanan Terhadap Petugas, Pelaku Curanmor di Sei Beduk Berhasil Diringkus

Kapolresta Barelang menghimbau kepada masyarakat Kota Batam, jikalau ada kehilangan motor, silahkan datang ke Polresta Barelang untuk mengecek mungkin ada diantara barang bukti yang diamankan.

“Atas Perbuatannya Pelaku di Jerat dengan Pasal 363 KUHPidana dengan Ancaman hukuman penjara selama-lamanya 7 (tujuh) tahun,” pungkas Kapolresta Barelang. (Wak Dar)

No More Posts Available.

No more pages to load.